Sabtu, 17 November 2018

Beternak LELE atau beternak kedunguan?

Post oleh : William Perkasa TV | Rilis : 19.04 | Series :
Kedunguan dari kata dasar dungu yang artinya kebodohan, kebebalan, kenapa sampai dungu? Keledai saja tidak akan jatuh ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya. Lha ini kamu.........ops....pstttt....hmmm tidak saya lanjutkan yaa hehehe.

Apa khabar sahabat-sahabat peternak lele yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Lele Nusantara. Nikmati jerih payah serta hasil dari kerja cerdas kalian semoga panen nya lancar dan hasil panen sesuai dengan harapan.
Sebenar nya beternak lele itu mudah tetapi kita sendiri yang membuat nya jadi susah. Kebanyakan para peternak lele pemula bisa buat kolam tetapi tidak bisa beli pakan akhirnya kolaps di tengah jalan. Karena tidak ada lagi modal untuk beli pakan. Nafsu besar tenaga kurang. 

Kenapa nafsu besar tenaga kurang? Ingin untung besar akhirnya pelihara dalam jumlah banyak sementara ilmu masih kurang atau minim.

Bisa buat kolam dan bisa beli pakan tetapi tidak mau beli ember sortir untuk ayakan. Karena dirasa tidak penting. Padahal ember sortir sangat-sangat diperlukan untuk usaha budidaya lele. Akhirnya ikan kanibal dan banyak lele yang saling mangsa di dasar kolam. Tabur benih 5000 ekor yang dipanen tinggal 50 ekor. Sedih atau dungu? Saya tidak menjawabnya yaa ANDA sendiri lah yang menjawab nya.

Apabila Anda sudah mantap dalam menggeluti bidang budidaya ikan lele, maka perhatikan beberapa tips untuk budidaya ikan lele. Terutama untuk pemula atau pendatang baru yang ingin menggeluti bidang pembudidayaan ikan lele sebagai investasi bisnis.

Persiapan kolam
Sebelum Anda menyiapkan benih lele serta pakan ikan lele maka terlebih dahulu yang Anda lakukan adalah persiapan kolam. Persiapan pembuatan kolam ini sering diabaikan dalam usaha budidaya lele ini padahal kunci keberhasilan dalam usaha budidaya lele adalah dengan pembuatan kolam yang baik dan benar. 

Apa rahasianya? 
Yang pertama adalah sebelum kolam dibangun maka survey terlebih dahulu letak kolam nya. Upayakan survey dilakukan pagi hari, siang hari serta sore hari dan lama survey minimal selama 3 hari. 

Apa yang perlu diperhatikan? 
Yang pertama perlu diperhatikan adalah pancaran sinar matahari pagi. Usahakan dalam membangun kolam lele, kolam-kolam yang akan dibangun terkena langsung pancaran sinar matahari pagi. 

Apa tujuan nya? 
Agar air kolam terjaga kualitas air nya, tidak mudah berubah suhu serta PH air nya dan ikan akan sehat apabila terkena pancaran sinar matahari pagi. Yang pertama tulang ikan akan kuat dan tidak keropos sehingga pergerakan ikan akan terlihat gesit dan lincah.

Bagaimana cara memilih benih ikan yang berkualitas?
Ada 5  ciri yang wajib Anda ketahui dalam memilih bemih ikan yang berkualitas. 
  1. Bibit ikan berasal dari  pembudidaya yang berpengalaman. Artinya sudah biasa dalam melakukan pembenihan ikan.
  2. Gerakan ikannya lincah. Ikan kelihatan seperti dalam keadaan lapar terus. Gerakan nya gesit bergerak ke atas serta ke bawah.
  3. Fisik benih ikan harus sempurna. Dan warna ikan transparan serta berlendir.
  4. Ukuran benih harus seragam.
  5. Perhatikan riwayat induk.


Saat kapan benih ikan ditebar ke dalam kolam
Benih ikan ditebar ke dalam kolam usahakan di pagi hari antara jam 08.00 sampai jam 09.00. Dan sore hari jam 16.00 sampai jam 17.00. Jangan menebar benih ikan ke kolam di waktu siang hari. Karena kalau menebar benih ikan di siang hari nanti ikan banyak yang mati karena stress dan lendir ikan banyak yang kering.

Dan sewaktu memasukkan benih ikan ke kolam wadah benih jangan langsung diangkat tetapi dibiarkan dulu di dalam kolam. Agar ikan di wadah tadi keluar dengan sendiri nya. 

Apabila benih ikan ditebar saat pagi hari maka ikan dipuasakan sekitar 12 jam. Nanti pemberian pakan nya dilakukan saat malam hari.

Dan apabila benih ikan ditabur pada saat sore hari maka ikan diberi makan pada keesokan hari nya saat pagi hari.

Untuk selanjut nya dan yaa rogoh kocek dong,.... dapat kan ebook nya Panduan Usaha Budidaya Lele,............. Terima kasih.


Beternak LELE atau beternak kedunguan


google+

linkedin

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Tidak perlu melakukan hal-hal yang luar biasa untuk mendapatkan hasil-hasil yang luar biasa.....Salam Profit.