Tips dalam memulai usaha budidaya lele serta bagaimana cara mendapatkan untung dari usaha tersebut

Salam sukses. Kita akan bahas dulu sedikit tentang judul diatas yaitu arti dari budidaya. Sebenarnya apa sih arti budidaya? Dalam pertanian, budi daya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budi daya dapat dianggap sebagai inti dari usaha tani. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budi daya adalah "usaha yg bermanfaat dan memberi hasil". (Sumber wikipedia).

Budidaya lele merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan dan menguntungkan tinggal bagaimana kita dalam menjalankan usaha tersebut. Tentu harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang cukup. Ngak ada salah nya kita sebelum terjun ke usaha budidaya lele untuk selalu belajar dan belajar. Dan persiapan yang sudah matang baru kita memulai nya. Tidak ada kata terlambat. Dan semua butuh proses dan ngak ada yang instan. Mie instan saja kita beli di warung ngak langsung di makan. Kita mesti masak air dulu lalu kita rebus dan kita makan. Semua ada rule nya.

Lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling banyak diminati. Coba kalau kita lihat di malam hari. Di sepanjang jalan banyak warung-warung tenda pinggir jalan yang menjual fast food umum nya didominasi oleh ikan lele. Pecel lele salah satu contoh nya. Kebutuhan lele di kota-kota besar sangat tinggi, terutama di Jakarta. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau kegiatan usaha budidaya lele Anda dapat menonton channel youtube Saya (william perkasa) ikuti terus dan selalu tonton video yang terbaru. Segala permasalahan usaha budidaya lele dikupas habis di channel tersebut.

Sebelum memulai usaha budidaya lele maka yang perlu Anda siapkan antara lain:
  1. Media kolam. Anda boleh menggunakan media kolam permanen, tanah atau pun terpal. Tinggal bagaimana Anda untuk mengukur modal nya.
  2. Tentukan benih unggul yang berkualitas.
  3. Sebelum di tebar di kolam pisahkan ukuran lele yang besar dan yang kecil dengan cara disortir. Agar nanti lele yang dimasukkan ke kolam ukuran nya seragam.
  4. Ukur kedalaman air kolam. Karena ukuran benih sangat menentukan kedalaman air kolam.
  5. Kualitas pakan.
  6. Pencegahan penyakit.
  7. Manajemen pakan.
  8. Manajemen panen.



Posting Komentar

0 Komentar