Siapa bilang LELE itu kanibal ???

Ikan lele kanibal??? Tidak kale yaa. Lele kanibal adalah ilmu lele pembenaran. Apakah memang benar bahwa LELE kanibal? Tidak. Kalau kita tebar benih LELE ukuran seragam maka LELE tidak kanibal. Tetapi kalau kita campurkan lele yang ukuran remaja dengan anakan lele yang ukuran 35 atau 46 maka sudah tentu lele dewasa akan memangsa lele yang berukuran kecil.

Tidak mungkin peternak lele memasukkan ukuran bernih yang berbeda atau tidak seragam dalam 1 kolam. Tentu sebelum memulai untuk usaha budidaya lele hal seperti ini sudah dipelajari oleh si peternak lele itu sendiri.

Masalah nya sekarang ini banyak para pemijah atau pendeder lele menjual ikan nya tidak sesuai yang diminta oleh si pembeli (petani). Contoh petani membeli benih lele ukuran 46 atau 57 jumlah nya 10 ribu ekor. Terkadang si penjual benih memberikan nya tidak sampai jumlah nya 10 ribu ekor. Bisa saja si petani diberikan oleh penjual jumlah nya hanya 8000 ribu ekor.

Biasanya si pembenih menjual benih dihitung harga per ekor. Misalnya harga benih ukuran 46 harga nya Rp. 120,- per ekor dan si petani membeli sebanyak 10 ribu ekor. Maka total yang dibayarkan oleh si petani adalaah 10.000 (ekor) x Rp. 120,- =  Rp. 1.200.000,- 

Terkadang si penjual benih tidak memberikan dalam jumlah 10 ribu ekor melainkan hanya 8000 ribu ekor. Tentu disini si petani sudah mengalami kerugian duluan dari jumlah ukuran benih dan sudah barang tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Makanya bagi khususnya peternak lele pemula. Pelajari terlebih dahulu ukuran lele serta pahami berapa sampel ukuran lele dalam 1 kilonya.

Untuk lebih detailnya silahkan tonton video berikut. Terima kasih..... Salam sukses




Posting Komentar

0 Komentar