Ternak LELE tanpa MODAL

Apa kabar kawan-kawan yang tergabung dalam perkumpulan petani lele nusantara? Salam sukses. Ok pada topik bahasan kali ini yang kita bahas adalah bagaimana menjalankan usaha budidaya lele tanpa modal? Apakah bisa ternak lele tanpa modal?

Kita selama ini menganggap bahwa yang berhubungan ke modal adalah selalu uang. Maaf sebelum nya Saya bukan lah seorang sarjana ekonomi atau pun sarjana akuntasi atau pun sarjana perbankan. Tetapi yang Saya ceritakan disini adalah berdasarkan pengalaman Saya sendiri. Karena yang Saya tau bahwa pengalaman adalah guru yang tebaik.

Ok kita mulai. Modal kalau menurut Saya ada yang namanya modal phisik dan non phisik. Dikatakan modal non phisik adalah ilmu dan pengetahuan. Dan modal phisik itu bisa jasa perbankan, investor dan market.

Tentu untuk mengawali bisnis usaha lele ini kita mesti punya modal awal dulu. Yakni modal ilmu dan punya kolam nya. Setelah kita jalani dan kita buat catatan semua nya dan terarsip kemudian kita evaluasi dan tarik kesimpulan. Sebenarnya usaha budidaya lele itu untung atau rugi. Kalau lah sudah kita hitung semua sampai detail dan banyak permintaan diluaran yang menginginkan kita mensuplay ikan nya sementara kolam yang kita punya terbatas disini lah kita perlu menarik modal baru tanpa modal.

Bisa kita gunakan jasa perbankan melalui kredik pinjaman bank dan bisa juga lewat investor. Kalau kita menggunakan jasa perbankan tentu modal yang kita gunakan terbatas karena rata-rata perbankan minta jaminan (asset). Sementara asset kita belum ada artinya belum cukup untuk membangun kolam yang baru. Maka opsi selanjutnya adalah menggunakan jasa investor. Ok seperti apa detail tentang membangun usaha budidaya lele tanpa modal dapat dilihat pada video berikut ini. Silahkan tonton sampai habis,.............Salam sukses




Posting Komentar

0 Komentar