Banyak mengkonsumsi daging IKAN LELE selama masa isolasi pasien terpapar COVID 19 dinyatakan SEMBUH

CORONA atau biasa disebut dengan istilah COVID 19 (corona virus disease 19) lagi mengguncang dunia. Pendemi virus ini banyak memakan korban menghilangkan banyak nyawa di dunia ini. Amerika saja yang sudah terkenal akan kemajuan teknologi bidang kesehatan kewalahan menghadapi virus ini.

Kenapa Saya menulis judul artikel seperti diatas? Banyak mengkonsumsi daging ikan lele selama masa isolasi akhirnya pasien yang terpapar COVID 19 dinyatakan sembuh. Kejadian ini dialami oleh keluarga Saya. Keluarga Saya seorang perawat dan beliau banyak memeriksa pasien tiap hari nya di PUSKESMAS akhirnya terpapar virus COVID 19. Untuk informasi lengkapnya dapat ANDA baca disini "Pernah Tangani PDP, Seorang Perawat di Purworejo Positif Corona" detik dot com juga ada liputan nya, "Pernah Tangani PDP, Seorang Perawat di Purworejo Positif Covid 19"

Lalu apa hubungan nya dengan daging ikan lele?
Untuk meningkatkan kekebalan tubuh sering mengkonsumsi makanan dengan asupan protein tinggi seperti daging ikan lele bisa membuat kebugaran tubuh kita semakin terjaga. Beliau mengkonsumsi daging lele tiap hari nya. Tiap hari dikonsumsi 1 ekor lele untuk makan siang.





Sebab kita tau sendiri dan sudah dilakukan kajian dan ulasan serta journal dari para peneliti menyebutkan bahwa Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh  membangun massa otot tanpa lemak.


Berbagai manfaat ikan lele diantaranya:

Daging ikan lele rendah kalori dan lemak
Dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Meski rendah kalori dan lemak, bahwa perlu juga untuk memperhatikan porsi makan sekaligus cara mengolahnya. Jika tidak, kadar kalori, lemak, serta kolesterol dalam ikan lele justru meningkat.
Untuk mencegah hal tersebut, hindari mengolah ikan lele dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, cobalah metode masak dikukus, direbus (dijadikan sup), dibakar atau dipanggang.

Ikan lele sumber protein lengkap
Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh.

Sumber vitamin B-12
Ikan lele mengandung kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele saja diketahui mengandung 40 persen asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan setiap hari. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang Anda konsumsi sebagai energi. Tidak hanya itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

Rendah merkuri
Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan. Kalau pembudidaya lele selalu memperhatikan kualitas pakan lele tiap hari tentu hasil olahan panen ikan lele rendah merkuri.
Banyak ikan seperti ikan laut yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

Kabar baiknya, Environmental Protection Agency mencantumkan ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri.

Mengandung asam lemak sehat
Rutin makan ikan lele adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini karena satu ekor ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan fungsi kognitif. Untuk mendapatkan sumber protein yang baik, tentunya daging ikan lele menjadi pilihan atau alternatif selain daging.

Posting Komentar

2 Komentar

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Tidak perlu melakukan hal-hal yang luar biasa untuk mendapatkan hasil-hasil yang luar biasa.....Salam Profit.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)