Beternak lele bisa membuat kamu semakin tambah miskin

Tujuan nya ingin berinvestasi dengan membuat kolam lele. Dengan harapan  dikemudian hari bisa menambah penghasilan dari usaha budidaya lele. Ehh tapi yang ada malah tabungan semakin menepis dan usaha lele yang dibuat bukan malah untung yang ada malah buntung.

Inti nya dalam setiap memulai usaha kuasai dulu ilmu nya baru jalan kan investasi nya. Kalau ilmunya tidak dikuasai yang ada malah kita berteman dengan kebangkrutan. Mencoba boleh tetapi kuasai dulu teknik atau cara untuk budidaya nya. 



  • Beternak lele bisa membuat kita semakin bertambah miskin. Kalau kita bisa buat kolam tetapi setelah buat kolam tidak tau bagaimana cara untuk buat permentasi air kolam sebelum benih di tebar.

  • Beternak lele bisa membuat kita semakin bertambah miskin. Kalau kita bisa beli bibit lele tetapi tidak bisa menentukan atau memilih bibit lele yang berkualitas.

  • Beternak lele bisa membuat kita semakin bertambah miskin. Kalau kita bisa beli pelet tetapi tidak tau takaran atau porsi berapa pelet yang dibutuhkan ikan per hari nya. Sehingga menaburi kolam dengan jumlah pelet yang tidak terukur akhirnya ikan bukan semakin tambah sehat yang ada ikan jadi sakit karena kebanyakan pelet di dasar kolam.  Air kolam jadi tercemar karena pemberian pelet yang berlebih. 

  • Beternak lele bisa membuat kita semakin bertambah miskin. Kalau kita bisa beli pelet dan bisa beli benih ikan tetapi kita tidak mengayak atau mensortir ikan yang ada di kolam. Akhirnya karena besar ikan  tidak merata. Ikan yang besar memangsa ikan yang kecil. Tabur benih 1000 ekor sewaktu di awal pada saat masa panen ikan hanya tinggal 50 ekor.


Mari kita belajar dan sharing sesama peternak lele. Cari ilmu nya jangan malu untuk bertanya. Kalau ada group atau perkumpulan petani lele segera ikuti. Kebetulan saya ada group WA "Perkumpulan Petani Lele Nusantara" segera bergabung dan jangan lupa kalau tidak mau menonton video nya di youtube atau tidak mau browsing-browsing di internet bisa dapatkan E-Book nya "Panduan Usaha Budidaya Lele." Terima kasih salam SUKSES.





Posting Komentar

1 Komentar

  1. Om.. Saya new bie nih, saya sudah lulihat bros youtub channel pnjngan. Saya mau nanya saya baru buat kolam ukuran 1x2 berapa bibit yg harus saya tebar di ukuran kolam trsbut, dan berapa pakan yg harus diberikan perharinya? Trmksih.. Salam sukses.

    BalasHapus

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Tidak perlu melakukan hal-hal yang luar biasa untuk mendapatkan hasil-hasil yang luar biasa.....Salam Profit.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)