Permentasi air kolam

Biasanya setelah kolam selesai dibangun maka dinding kolam serta dasar kolam akan bau semen. Untuk menghilangkan bau semen tersebut serta mengetes kekuatan kolam maka isi terlebih dahulu air ke dalam kolam. Endapkan air tersebut di dalam kolam selama 1 hari. Lalu setelah ke esokan hari nya di pagi hari kuras seluruh air kolam. Lalu isi kembali air kolam tetapi sambil mengisi air kolam sikat dinding kolam serta dasar kolam jangan menggunakan sabun atau pun diterjen dalam menyikat dinding kolam tetapi gunakan sikat biasa dan tidak memakai pembersih.

Setelah semua dinding dan lantai kolam disikat maka kuras kembali air kolam dan masukan air baru ke dalam kolam. Endapkan air di dalam kolam minimal 1 hari. Setelah itu keesokan hari nya baru dilakukan permentasi air kolam.



Untuk lama permentasi air kolam minimal 1 minggu.

Yang pertama adalah siapkan kotoran domba 1 ember, garam non yodium dan molases. Untuk kotoran domba jangan kotoran domba yang baru tetapi ambil kotoran domba yang telah lama. Sebelum nya keringkan terlebih dahulu kotoran domba tersebut. Berikutnya ambil 1 buah karung. Lalu masukkan kotoran domba ke dalam karung dan jangan lupa karung untuk isi kotoran domba dibuat berongga. Artinya karung untuk isi kotoran domba dilubangin terlebih dahulu agar nanti kotoran domba bercampur dengan air kolam.


Kotoran domba diendapkan ke dalam kolam selama 3 hari. Setelah 3 hari kotoran domba yang dimasukkan dikarung tadi diangkat keluar. Tetapi sebelum diangkat keluar kotoran domba yang di dalam karung di putar-putar di dalam kolam agar air dari kotoran domba merata ke seluruh kolam.


Setelah kotoran domba diangkat keluar dari dasar kolam maka biarkan air kolam kosong jangan diisi ikan tetapi air kolam tetap terisi. Lalu keesokan hari nya lakukan pengamatan. Lihat di dalam kolam apakah sudah mulai ada hidup binatang-binatang kecil yang hidup di dalam kolam. Sambil dilakukan pengamatan maka benih sudah bisa dipesan agar petani pijah (penyedia benih ikan) sudah menyiapkan bibit yang akan kita masukkan ke dalam kolam. Waktu pengosongan kolam selama 4 hari. Setelah waktunya terhitung 1 minggu semenjak memasukkan kotoran domba maka kolam sudah bisa diisi benih ikan.

Tonton video nya disini


Posting Komentar

0 Komentar