Cara buat biang pakan untuk membibis pelet agar LELE selalu SEHAT

Apa saja campuran pakan untuk ikan lele? 
Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu pada lele sehingga lele selalu sehat dan kualitas air tetap selalu terjaga. Bahan-bahan nya antara lain:
1. Daun pepaya 3 helai
2. Bawang putih 3 buah
3. Jahe 3 buah
4. Kunyit 2 buah
5. Temu lawak 5 buah
6. Kencur 3 buah
7. Susu sachet 2 buah
8. Telur 1 butir
9. Probiotik tepung 50 gr
10. Molases 100 gr

Bagaimana cara membuat biang pakan? 
Rebus bahan-bahan diatas dari point 1 sampai point 7. Tetapi sebelum direbus bahan-bahan diatas diblender terlebih dahulu sampai hancur. Kalau tidak ada blender bisa juga ditumbuk halus dengan alat penumbuk.

Saat kapan probiotik, molases dan telur campurkan?
Probiotik, molases dan telur dimasukkan ke dalam rebusan saat rebusan sudah didinginkan. Setelah 3 atau 4 jam waktu perebusan maka rebusan tadi sudah dingin lalu campurkan probiotik, molases dan telur. Aduk rata lalu masukkan ke dalam wadah tertutup. Bisa dimasukkan ke dalam ember atau pun dimasukkan ke dalam toples. Tutup rapat ramuan dan endapkan selama 1 minggu.  Setelah satu minggu kemudian maka biang ramuan tadi ambil 1 gayung dan campurkan dengan 1 ember air yang ukuran nya kira-kira 15 sampai 20 Liter.

Tiap hari dalam pemberian pakan ke ikan harus dibibis terlebih dahulu. Caranya timbang terlebih dahulu pakan (pelet) yang akan diberikan ke ikan. Masukkan pelet ke dalam ember lalu siram dengan air campuran biang.

Dalam pencampuran nya jangan terlalu encer aduk secara merata. Apabila pelet dan air sudah tercampur aduk terus sampai rata. Untuk pemberian pakan pada saat sore dan malam hari bisa dibuat saat pagi hari. Dan untuk pemberian pakan saat pagi hari bisa dibuat saat malam hari.

Tutup rapat pelet yang sudah dibibis sehingga pelet akan selalu lembut. Dan saat memberi nya nanti ke ikan usus ikan tidak luka. Apalagi kalau ikan nya rakus dalam makannya tetap selalu sehat dan cepat besar.

Untuk lengkap nya silahkan tonton video nya disini


Posting Komentar

0 Komentar