Raup UNTUNG ratusan juta tiap bulan dari usaha budidaya lele

Ternak lele kelihatan sepele. Sebagian orang mengatakan bahwa ikan lele hidup di air yang kotor. Tapi apa memang benar bahwa ikan lele hidup di air yang kotor? Mungkin sebagian orang meng iya kan pertanyaan di atas. Tetapi kalau ditanya kepada para pembudidaya ikan lele tentu jawaban nya tidak. Pelihara 100 ekor lele itu mudah atau gampang tapi bagaimana kalau pelihara ikan lele sampai 100 ribu ekor atau bahkan sampai 1 juta ekor? Apakah mudah? Tentu tidak, perlu ilmu dan pengalaman yang handal dalam mengelola usaha budidaya lele.

Ok terkait judul artikel diatas raup untung ratusan juta tiap bulan dari usaha budidaya lele. Pertanyaan nya berapa kolam yang ANDA butuh kan untuk mampu membuat untung sebanyak itu? 10 kolam, 50 kolam, 100 kolam atau 500 kolam? Tentu bukan pekerjaan yang mudah. Langkah besar dimulai dari langkah-langkah kecil. Ada juga usaha budidaya lele tanpa modal.

Banyak orang berpikir atau membuat kesimpulan bahwa ternak lele itu mudah tetapi menjual nya yang susah,.......waoww amazing. Sudah berapa kilo yang sanggup ANDA buat panen tiap bulan nya. Apakah ANDA panen setiap 3 bulan, 1 bulan, 1 minggu atau tiap hari. Berapa kilo yang mampu ANDA buat panen? Dan selama ini kemana ANDA menjual hasil panen lele ANDA?


Raup UNTUNG ratusan juta tiap bulan dari usaha budidaya lele

Terkadang terlalu mudah untuk menarik kesimpulan tanpa memikirkan kenapa, kenapa dan kenapa. Menurut pengalaman Saya menjual hasil panen lele yang 50 Kg yang susah untuk dijual, kenapa? Kita mesti berpikir kritis dulu bahwa lele itu termasuk kebutuhan konsumtif. Sama seperti nasi. Kalau kita tidak bisa membuat panen rutin misalnya per minggu atau pun tiap hari tentu kita susah untuk menjual hasil panen lele. Karena biasa nya pembeli meminta untuk panen rutin agar stok pembeli tidak terputus. Kalau lah kita misalnya hanya mampu panen 50 Kg saja dan waktu untuk panen nya sampai 3 bulan bagaimana kita mau menciptakan market. Tentu kita hanya bisa jadi follower market saja. Kita tidak bisa mensetel harga. Harga kita disetel oleh pembeli. Masa kita yang punya barang tetapi untuk harga jual nya disetel oleh pembeli?

Coba kita misalnya jalan saat malam hari. Berapa kita lihat kios-kios pecel lele yang terpajang di sepanjang jalan. Lele punya market besar dan pelanggan setia nya juga banyak. Masa iya bahwa ternak lele itu ngak ada yang untung. Kalau lah ternak lele tidak untung bagaimana mungkin kios-kios pecel lele tiap malam bisa membuka warung nya. Tentu yang sebutkan bahwa ternak lele adalah usaha yang merugi alias (BUNTUNG) adalah mereka para pecundang yang sudah ternak lele tapi GAGAL. Mungkin mereka hanya coba sekali saja. Artinya baru mencoba satu kali siklus. Disaat merugi langsung cepat-cepat tarik kesimpulan.

Mental pecundang memang seperti itu selalu nyinyir tanpa berpikir dan mengevaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan. Padahal ilmu nya masih minim. 

Coba dijawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Tau tidak berapa tebaran benih lele untuk per meter persegi nya.
  2. Benih ukuran berapa yang siap akan kita budidaya untuk usaha budidaya lele.
  3. Berapa panjang ukuran tubuh lele per hari nya.
  4. Berapa panjang ukuran tubuh lele konsumsi. Untuk target konsumsi sekilo 7 atau sekilo 8 ekor.
  5. Bagaimana dalam menentukan kualitas benih yang sehat dan unggul.
  6. Bagaimana menghitung jumlah benih yang akan kita tebar di kolam.
  7. Berapa ketinggian air untuk ukuran benih yang akan kita tebar.
  8. Berapa kebutuhan pakan per hari nya dari seluruh kolam yang kita tebar untuk usaha budidaya lele.
  9. Setiap berapa hari kita selalu sortir untuk menseragamkan ukuran ikan.
  10. Apa perlakuan yang kita lakukan disaat lele telah selesai kita sortir.
  11. Berapa kali lele makan tiap hari nya.
  12. Bagaimana pemberian pakan nya. 
  13. Bagaimana pengaturan airnya agar lele hidup di kolam tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.
  14. Bagaimana manajemen pakan untuk menaikkan bobot lele.
  15. Perlakuan apa yang mesti kita lakukan tiap minggu agar lele selalu sehat.


Raup UNTUNG ratusan juta dari usaha budidaya lele

Nah kalau lah pertanyaan-pertanyaan diatas tadi sudah mampu ANDA jawab dan bisa ANDA wujudkan di kolam ANDA. Barulah judul diatas bisa ANDA taklukkan. Artinya ANDA dapat mencetak UNTUNG ratusan juta tiap bulan dari usaha budidaya lele......Salam SUKSES

Posting Komentar

0 Komentar