Beternak LELE di lahan sempit

Bagi ANDA yang punya lahan terbatas tapi ingin memulai usaha budidaya lele maka tidak usah berkecil hati. Kuasai dulu ilmu budidaya nya lalu kembangkan dan kreasikan. Sehingga lambat laun keberhasilan akan menghampiri usaha ANDA.

ANDA beternak lele di lahan sempit, lahan yang ingin ANDA kelola luas nya ada berapa meter? 500 meter, 300 meter, 200 meter ada berapa meter? Coba ANDA ukur secara detail lalu gambarkan di secarik kertas. Setelah itu corat coret di kertas tadi mau model kolam seperti apa yang ingin ANDA aplikasikan di kolam ANDA. Lalu mau model sistem apa yang ingin ANDA kembangkan. Apakah beternak lele ala konvensional seperti Willliam Perkasa atau model seperti apa.

Apabila ingin berhasil coba dulu belajar mengawinkan indukan. Nanti setelah menetas dari proses pemijahan, ANDA rawat sampai ukuran tertentu lalu pindahkan ke kolam pendederan. Setelah masuk kolam pendederan lalu pindahkan lagi ke kolam pembesaran.

Dari proses penetesan lakukan pencatatan. Ada berapa ekor yang berhasil menetas dan risiko kematian nya ada berapa persen. Indukan yang ANDA pakai dari indukan jenis apa. Ada baik nya dilakukan riset terlebih dahulu. Bisa pakai indukan mutiara, sangkuriang, masamo, dumbo atau dari jenis lele lain nya.

Ok untuk lebih lengkap nya dapat dilihat pada video berikut, Terima kasih dan selamat menonton.




Posting Komentar

0 Komentar